Sabtu, 26 Agustus 2017

Bangsa Titan

Sumber gambar : villains.wikia.com

Bangsa Titan adalah kaum abadi setelah Protogenoi dan sebelumDewa-dewi Olympia. Para Titan Generasi Pertama—berjumlah 12—lahir dariGaea(Bumi) dan Ouranos(Langit)—jika kalian belum paham, mungkin kalian bisabaca postingan sebelumnya tentang Protogenoi. Ouranos dan Gaea juga memilikidua ras anak lagi, yakni Para Tangan Seratus atau Hekakontheire dan Para TetuaCyclops. Pada akhirnya, Ouranos membuang kedua ras tersebut ke dalam Tartaruskarena mereka, yah, terlalu buruk rupa—dengan perbuatannya itu, aku yakinOuranos tidak akan menang dalam ajang Ayah Terbaik Sedunia.

Gaea yang marah karena perbuatan suaminya, memerintahkan salah satu anaknya—Kronos—untuk membunuh ayahnya dengan hadiah menjadi Raja Semesta. Dalam eksekusi tersebut, Kronos juga mengajak empat Titan yang lain: Hyperion, Krios, Koios, dan Iapetus—dengan embel-embel menjadi Penguasa di Setiap Penjuru Bumi. Jadi, empat Titan tersebut berhasil memegangi tubuh Ouranos, sehingga Kronos dengan mudah membunuh dan mencincang Ouranos menggunakan sabit pemberian ibunnya. Sebelum Kronos berhasil membunuh ayahnya, Ouranos sempat mengutuk Kronos. Barangkali, “Jika kau membunuhku, kelak kau juga akan digulingkan oleh keturunanmu!”

Kronos masa bodo, dia hanya ingin menjadi Raja Semesta. Setelah itu, kepingan-kepingan Ouranos dibuang ke laut oleh Kronos, sekaligus memunculkan seorang...eh, aku akan bahas lain waktu saja.

Pada akhirnya, Kronos benar-benar menjadi Raja Semesta, sedangkan keempat Titan lainnya benar-benar menjadi Penguasa di Setiap Penjuru Bumi. Hyperion mendapat Timur, Krios mendapat Selatan, Koios mendapat Utara, dan Iapetus mendapat Barat. Titan yang lain bagaimana? Yah, mereka hidup normal, bahkan menjadi keluarga.

Hei, bukannya hanya ada satu ras Titan, jika mereka menjadi keluarga, bukankah itu berarti mereka menikah dengan saudara mereka?

Aku tahu. Itu memang menjijikkan. Tapi tak ada Titan lain yang bisa dinikahi kala itu. Lagipula, Para Titan memiliki ichor—darah kaum abadi, berwarna emas—alih-alih DNA. Jadi, sepertinya pernikahan itu bukan masalah bagi mereka. Setelah itu, Kronos juga membebaskan Para Hekakontheire dan Para Tetua Cyclops dari Tartarus yang membalas budi dengan membangun istana Kronos di Gunung Othrys.

Karena jumlah Titan Generasi pertama ada 12—6 Titan Pria dan 6 Titan Perempuan—aku akan fokus pada Kronos saja. Kronos sebenarnya tidak ingin menikah, karena menikah berarti punya anak dan Kronos selalu teringat dengan kutukan ayahnya. Tapi, Kronos sudah muak dengan semua itu, dia akhirnya menikahi Rhea dan setiap Rhea melahirkan, Kronos membuka mulutnya lebar-lebar dan GLEK! Kronos menelan anak-anaknya. Kecuali anak yang terakhir, karena Rhea mengakali Kronos. Kelak anak tersebut akan mengeluarkan saudara-saudaranya dari perut Kronos, sehingga kutukan tersebut akan terwujud.

Sebenarnya  aku ingin menceritakannya disini, tapi kelihatannya terlalu panjang. Jadi, aku akan memberikan daftar Titan Generasi Pertama saja—sebenarnya ada empat generasi, tapi itu terlalu banyak :

Titan Pria
Hyperion : Penguasa Timur, Titan Matahari dan Cahaya

Iapetus : Penguasa Barat

Koios : Penguasa Utara, Titan Masa Depan

Krios : Penguasa Selatan, Titan Konstelasi atau Rasi Bintang

Kronos : Raja Semesta, Titan Waktu

Oceanus : Bapak Air, Titan Lautdan Samudera

Titan Perempuan
Mnemosyne : Titan Ingatan

Phoebe : Titan Ramalan

Rhea : Ratu Semesta, Bunda Yang Agung

Thetys : Titan Laut

Theia : Titan Kilau

Themis : Titan Keadian dan Hukum

Beberapa dari mereka menikah karena kesamaan sifat, seperti Hyperion dengan Theia atau Oceanus dengan Thetys. Ada juga yang tidak menikah. Dan sebagai tambahan, kurasa titan yang kubahas ini berbeda dengan Titan dalam anime Attack On Titan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar