Selasa, 05 September 2017

Cyclops

Sumber gambar : villains.wikia.com

Mungkin sudah banyak dari kalian yang tahu. Tapi, hei, akusengaja membahas ini karena dari tiga jenisbersaudara—Titan, Hekatonkheire, dan Cyclops—yang belum dibahas, ya,tinggal si Cyclops ini.

 ***

Cyclops (jamak:Cyclopses) adalah raksasa bermata satu di tengah-tengah kening mereka. Mereka sangat kuat, besar, dan kebanyakan orang menganggapnya jelek.

Mereka adalah anak dari Ouranos dan Gaea, namun ada juga Cyclops yang merupakan keturunan Poseidon. Bernasib sama dengan para saudaranya si Para Tangan Seratus, Cyclops—yang putra dari Ouranos dan Gaea—juga dibuang ke Tartarus.

Ada beberapa ras Cyclops, diantaranya:

1. Tetua Cyclops
Cyclops ini adalah yang dibuang oleh Ouranos ke Tartarus—nantinya diselamatkan oleh Kronos, tapi Kronos membuangnya lagi ke Tartarus dan diselamatkan oleh dewa-dewi. Mereka membuatkan senjata untuk dewa-dewi dalam Titanomakhia.

Ada tiga Tetua Cyclops: Argos, Brontes, dan Streropes.

2. Cylops Hyperboreon(Utara)
Cyclops ini lebih sering berinteraksi dengan para Demigod Romawi dan berpihak kepada para Titan dalam Titanomakhia, yakni Ma Gasket, Sump, dan Torque. Mereka juga sering memakan demigod. Para Cyclops Utara sangat pintar dalam membuat senjata dan bangunan.

3. Cyclops Poseidon
Ini adalah Cyclops keturunan Poseidon. Mereka tinggal di dasar laut bersama Poseidon dan bekerja membuat senjata di bawah laut, kecuali Polyphemus. Ngomong-ngomong, hampir semua Cyclops adalah keturunan dari Poseidon.

4. Cyclops Selatan
Cyclops ini adalah yang paling terkenal. Dia merupakan penggembala domba di sebuah pulau, hanya saja dia kurang pintar. Satu-satunya Cyclops Selatan ini adalah Polyphemus, yang juga merupakan Cyclops Poseidon.

Begini kisah kurang-pintar dari Cyclops Selatan, tepatnya si Polyphemus. Suatu waktu, Odysseus dikurung oleh Polyphemus di dalam gua—yang juga merupakan rumahnya. Untuk keluar, Odysseus menemukan sebuah cara. Dia berkata kepada Polyphemus bahwa namanya adalah "Tak Seorangpun" dan memberinya angggur.

Aku tidak tahu Odysseus menambahkan apa dalam anggur tersebut—mungkin obat tidur pertama di dunia—tapi Polyphemus segera tidur setelah meminumnya dan tentu saja dia tidak sempat menutup pintu gua. Ketika Polyphemus tidur, Odysseus dan teman-temannya menghujamkan kayu pada—satu-satunya—mata Polyphemus dan kembali ke kapal, pergi dari pulau tersebut.

Polyphemus meraung kesakitan dan memanggil Cyclops yang lain. Ketika Para Cyclops datang dan menanyakan apa yang terjadi, Polyphemus menjawab, “Tak Seorangpun menyerangku.”

Cyclops yang lain keheranan, tentu saja. Kemudian mereka pergi. Meninggalkan Polyphemus yang kesakitan menderita katarak.

Kemampuan yang paling hebat dari semua Cyclops ini adalah tahan api. Tambah lagi, nih, mohon jangan samakan Cyclops dengan Dajjal, karena ciri-ciri mereka berbeda.

Memang mereka sama-sama bermata satu, tapi Cyclops benar-benar punya mata satu di tengah kening. Sedangkan Dajjal, sesuai dengan hadits, memiliki dua mata, namun hanya satu yang berfungsi.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar